Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang pengenalan calon-calon Gubernur Jawa Barat 2018 melalui media sosial, kini kami akan membahas perihal bagaimana kandidat-kandidat tersebut menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi dengan warga.

Dalam kesempatan ini, kami kembali memantau bagaimana calon-calon tersebut menggunakan media sosial dan mencari tahu apa yang orang lain katakan tentang mereka di media sosial. Kami memantau akun dari Deddy Mizwar (@Deddy_Mizwar_), Ridwan Kamil (@ridwankamil), Sudrajat (@MayjenSudrajat) dan juga TB Hasanuddin (@tbhasanuddin) pada media sosial Twitter dengan jangka waktu 19 Januari – 28 Januari 2018.

Hasil dari pemantauan ini akan kami bagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Total Post Made : Jumlah Post yang dibuat oleh akun tersebut
  • Total Talk : Jumlah perbincangan yang melibatkan Object (akun) tersebut.
  • Top Post Made : Post Made yang dibuat oleh akun tersebut dengan jumlah interaksi tertinggi.
  • Top Talker : Akun yang paling banyak melibatkan Object (akun) tersebut di dalam Post-nya
  • Top Influencer : Akun yang melibatkan Object (akun) tersebut dengan jumlah Followers tertinggi.

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar adalah Wakil Gubernur Jawa Barat untuk periode 2013 -2018. Deddy Mizwar sendiri sudah aktif menggunakan Twitter semenjak November 2012. Akun Deddy Mizwar, @Deddy_Mizwar_, kini sudah memiliki 418,339 Followers.

Terhitung dari 19 Januari – 28 Januari 2018, Deddy Mizwar sendiri sudah mem-posting sebanyak 7 kali dengan jumlah 1,200 Talk. Postingan yang paling banyak mendapatkan interaksi pada jangka waktu tersebut adalah sebagai berikut:

Tweet tersebut mendapatkan interaksi sebanyak 68 Retweet dan 140 Like. Dalam Tweet-nya, Deddy mengunggah foto dirinya yang sedang bersalaman dengan deskripsi permintaan doa agar dilancarkan dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat nanti.

Hal lainnya yang kami akan kami bahas adalah perihal Top Talker. Top Talker dari akun Twitter Deddy Mizwar adalah akun @Dua_DM dengan jumlah 56 Post Made.

Akun @Dua_DM itu sendiri merupakan akun resmi pendukung pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi dalam Pilgub Jabar 2018. Top Talker lainnya adalah @a_wahyuwijaya dengan 37 Post Made dan @zarazettirazr dengan 32 Post Made.

Dari 1,200 Talk yang kami temukan pada akun @Deddy_Mizwar_ kami memantau 3 akun media sosial dengan jumlah pengikut terbanyak, atau yang kami sebut dengan Top Influencer.

Top Influencer dari akun Deddy Mizwar adalah akun dari Zara Zettira (@zarazettirazr) dengan jumlah pengikut 203,210 Followers. Zara Zettira sendiri merupakan model dan penulis yang kini sudah resmi bergabung dengan partai Demokrat. Influencer lainnya yang turut mebicarakan Deddy Mizwar di Twitter adalah @nengRestuu (180,506 Followers) dan @kita_garuda (119,081 Followers).

Ridwan Kamil

Kandidat kedua dari calon Gubernur Jawa Barat 2018 adalah Ridwan Kamil. Ridwan Kamil merupakan Walikota dari kota Bandung pada periode 2013 – 2018. Ridwan Kamil sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh politik yang sangat aktif menggunakan media sosial sebagai media komunikasi dengan warganya. Terhitung sampai tanggal 28 Januari, Ridwan Kamil (@ridwankamil) sudah memiliki 2,993,610 Followers di Twitter.

Dalam jangka waktu 19 – 28 Januari 2018, Ridwan Kamil sudah membuat 14 Tweet di akun pribadinya, dan terdapat 3,495 Talk yang membicarakan dirinya di media sosial Twitter.

Berikut Top Post Made dari akun Ridwan Kamil:

Hasil pemantauan kami, sampai tanggal 29 Januari, Post Made tersebut mendapatkan 990 Retweet dan 3,289 Likes. Dalam Tweet-nya, Ridwan Kamil menyampaikan salam perpisahan ke pada rumah dinasnya, di mana kini ia sudah tidak lagi menempati rumah tersebut.

Akun dari Kelurahan Dunguscariang (@K_Dunguscariang) merupakan Top Talker dari Ridwan Kamil. Kami memantau bahwa ada 41 Tweet yang dibuat oleh akun tersebut yang turut melibatkan akun dari Ridwan Kamil.

Selain Kelurahan Dunguscariang, Dinas Pangan dan Pertaniang Bandung (@dispangtan_bdg) pun turut aktif membicarakan Ridwan Kamil, dengan jumlah 36 Post Made. Disusul oleh akun @dadan_permanaDP dengan 34 Post Made.

Sedangkan Top Influencer dari Ridwan Kamil didominasi oleh akun-akun media, seperti @RadioElshinta (3,472,631 Followers), @KompasTV (2,653,313 Followers) dan @infobdg (2,519, 125 Followers). Konten dari Top Influencer tersebut masih serupa dengan Top Post Made yang dimiliki oleh Ridwan Kamil, di mana isinya menjelaskan bahwa pada tanggal 20 Januari, Ridwan Kamil secara resmi meninggalkan rumah dinasnya.

Mayjen Sudrajat

Sudrajat adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhirnya sebagai Mayor Jenderal. Sebagai salah satu kandidat dari Gubernur Jawa Barat 2018, Mayjen Sudrajat pun turut menggunakan media sosial sebagai media komunikasi dirinya dengan warga Indonesia. Beliau baru saja membuat akun media sosial Twitter secara resmi pada akhir tahun 2017. Dalam jangka waktu kurang lebih satu bulan, kini akun @MayjenSudrajat sudah memiliki 4,257 Followers.

Dalam pemantauan kami selama 10 hari ke belakang, Mayjen Sudrajat sudah membuat 9 Post Made. Untuk pengguna media sosial baru, terlebih lagi tokoh politik, dengan membuat Post hampir 1 Tweet / hari bisa dikategorikan sebagai pengguna aktif. Dengan kata lain, Mayjen Sudrajat pun sudah mulai menyadari bagaimana pentingnya media sosial ini, terlebih lagi di kala menyambut Pilgub 2018.

Dalam jangka waktu 10 hari juga kami memantau terdapat 547 Talk yang melibatkan akun dari Mayjen Sudrajat. Sedangkan Top Post Made dari Mayjen Sudrajat adalah sebagai berikut:

Dengan jumlah 269 Retweet dan 680 Like, Mayjen Sudrajat mengutarakan pendapatnya tentang arti politik di matanya. Menurutnya, politik itu bukan lah hal yang kotor, melainkan sebagai proses pencarian pemimpin yang terbaik untuk memimpin suatu pemerintahan.

Kami pun menemukan 3 akun Top Talker yang paling sering membicarakan Mayjen Sudrajat di media sosial Twitter, yaitu @angger_tito dengan 23 Post Made, @HannaFStanley1 dengan 11 Post Made dan @w1n2017 dengan 11 Post Made.

Top Influencer dari akun Mayjen Sudrajat adalah akun resmi dari Partai Gerindra (@Gerindra, 293,893 Followers), diikuti oleh Zara Zettira (@zarazettirazr, 203,209 Followers) dan Rachel Maryam (@cumarachel, 43,220 Followers).

TB Hasanuddin

Kandidat terakhir Calon Gubernur Jawa Barat 2018 adalah TB Hasanuddin. Mirip dengan kandidat sebelumnya, TB Hasanuddin pun merupakan purnawirawan dari TNI dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Perbedaannya adalah TB Hasanuddin sudah lebih dahulu menggunakan media sosial, khususnya Twitter, dibandingkan kandidat sebelumnya. Sampai saat ini, @tbhasanuddin sudah memiliki 1,131 Followers.

Dalam jangka waktu 19 – 28 Januari 2018, kami memantau ada 652 Talk yang melibatkan akun Twitter dari TB Hasanuddin. Sedangkan dalam akunnya sendiri, TB Hasanuddin membuat 57 Post Made hanya dalam jangka waktu 10 hari saja. Apabila kita bandingkan dengan kandidat-kandidat lainnya, TB Hasanuddin merupakan kandidat yang paling aktif dalam membuat Post di Twitter.

Top Post Made dari TB Hasanuddin, dengan 33 Retweet dan 45 Like, membahas perihal koperasi. Dengan modal management yang baik dan modern, TB Hasanuddin mengaku bisa kembali mengangkat koperasi di Jawa Barat.

Top Talker dari akun Twitter TB Hasanuddin adalah akun unofficial pendukung dari pasangan Hasanuddin dan Anton (@hasanah_jabar), dengan jumlah 79 Post Made. Lalu, Top Talker lainnya adalah akun @DadanKoswara13 dengan 61 Post Made dan @dedensukmandi dengan 55 Post Made.

Sedangkan Top Influencer dari pemantauan akun Twitter TB Hasanuddin adalah akun @Kitabicar4 dengan jumlah 171,920 Followers. Diikuti oleh @infobencana dengan 105,007 Followers dan @akuratco dengan 32,874 Followers.

Pada dasarnya, aktivasi media sosial yang digunakan oleh masing-masing kandidat terbilang cukup aktif, di mana paling tidak hampir setiap hari mereka mencoba berkomunikasi dengan pengikutnya di media sosial Twitter. Apabila kita urutkan, TB Hasanuddin menjadi kandidat yang paling aktif dalam menggunakan media sosial Twitter, diikuti oleh Ridwan Kamil, Mayjen Sudrajat, lalu Deddy Mizwar.

Sedangkan apabila kita melihat dari sisi popularitas, Ridwan Kamil masih menjadi kandidat yang paling populer dibandingkan kandidat-kandidat lainnya. Hal ini bisa terlihat dari sisi jumlah Followers, jumlah Talk dan juga Top Influencer yang turut membicarakan kandidat tersebut di media sosial mereka.

Lalu, bagaimana dengan kandidat calon Wakil Gubernur Jawa Barat 2018? Apakah para calon WaGub tersebut termasuk pengguna aktif media sosial seperti pasangan-pasangannya?

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"