Isu terhadap perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadi sebuah keresahan tersendiri, khususnya bagi orang-orang zaman sekarang. Isu terbesar yang menjadi topik perbincangan adalah pergeseran peran manusia yang nantinya akan diganti oleh mesin, salah satunya adalah Artificial Intelligence. Di sisi lain, beberapa orang pun berpendapat bahwa perkembangan teknologi bisa menjadi jawaban dalam membantu pekerjaan agar lebih efektif dan efisien.

Kalimat seperti “Jika tidak mau ketinggalan, kamu harus melek teknologi” menjadi kalimat yang sangat sering digunakan oleh orang-orang yang pro terhadap perkembangan teknologi. Di sisi lain, Indonesia sendiri masih didominasi oleh generasi tua, di mana mereka belum begitu paham terhadap teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Hal tersebut lah yang menjadi penyebab isu ini semakin kencang diperbincangkan di Indonesia.

Berbicara tentang perkembangan teknologi yang lebih spesifik, tentu kita harus berbicara tentang perkembangan Artificial Intelligence (AI). AI sendiri dikenal sebagai mesin yang bisa berpikir hampir menyerupai manusia, dan hal ini lah yang semakin menguatkan bahwa komputer bisa saja menggantikan peran manusia dalam waktu dekat ini.

Di balik semua diskusi tentang perkembangan teknologi, khususnya AI, berikut beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Indonesia harus segera melek akan perkembangan teknologi:

Tidak Kembali Dijajah

Sumber Foto: https://www.merdeka.com

Hidup di zaman teknologi ini, penjajahan bangsa tidak lagi dilakukan dengan senjata. Penjajahan zaman now bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi. Bagi bangsa-bangsa yang tidak begitu melek akan teknologi, bisa saja tertinggal banyak informasi. Hal ini bisa mengakibatkan tertinggalnya perkembangan suatu negara, dibandingkan dengan negara lain yang melek akan teknologi.

Ikut Serta dalam Persaingan Global

Sumer Foto: https://www.miuc.org

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan semakin cepatnya teknologi, kita bisa berinteraksi secara langsung, bukan hanya dari satu daerah ke daerah lainnya, tetapi juga dari satu negara ke negara lainnya. Contohnya, dengan adanya Facebook, kita dapat lebih mudah berkomunikasi dengan pengguna lainnya, dari negara yang berbeda. Hal ini bisa kita lakukan hanya dengan bermodalkan internet saja. Kita pun bisa bertukar informasi, bahkan melakukan transaksi, sehingga tidak tertinggal dengan negara-negara maju.

Manusia Di Balik Hebatnya Teknologi

Research Computer Science

www.ntnu.edu

Kebanyakan orang khawatir dengan kemajuan teknologi disebabkan oleh rasa takut bahwa peran mereka akan tergantikan oleh teknologi tersebut. Padahal, di balik canggihnya teknologi, seperti Artificial Intelligence, akan selalu ada orang hebat yang membuatnya. Jika memang kita dapat membuat teknologi canggih seperti Artificial Intelligence, kita bisa membantu banyak masyarakat di sekitar kita. Contohnya, membantu para pegiat UKM (Usaha Kecil-Menengah) agar dapat mengerti market dengan cepat, tanpa harus mengeluarkan uang dan waktu yang banyak. Bayangkan jika teknologi tersebut kita dapat dari negara lain, tentu harganya pun akan sangat mahal.

Menjadi Pahlawan Zaman Now

Sumber Foto: https://www.viva.co.id

Kita telah takjub dan kagum dengan Eyang Habibi yang akan membuat pesawat R80. Eyang telah menjadi pahlawan zaman now karena berperan dalam memajukan teknologi pesawat di Indonesia. Eyang juga telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional. Bayangkan jika Eyang berhasil, dan ke depannya, Eyang membutuhkan ahli teknologi seperti Artificial Intelligence, siapa lagi yang bisa membantu Eyang kalau bikan kita anak bangsa zaman now?

Cepat atau lambat, era Artificial Intelligence akan sampai ke Indonesia. Akan lebih baik jika kita tidak memperdebatkan baik atau buruknya dari kehadiran teknologi AI tersebut. Bahkan, alangkah lebih baik lagi apabila kita beranggapan untuk menjadi salah satu orang yang memiliki peran untuk mengembangan teknologi Artificial Intelligence di Indonesia. Mungkin tahapan awal yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi edukasi secara berkala, sehingga orang-orang di Indonesia dari semua golongan bisa memahami bahwa kita bisa memajukan Indonesia dengan cara mengembangkan teknologi, terutama di bidang Artificial Intelligence.

About the author

M. Rizki Fauzi
Staff of Research at | Website

Always learning without knowing when to stop, thus we can face and solve all of incoming problems by using the knowledge we have.