Indonesia kini kembali ramai dengan munculnya kampanye-kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pulau Jawa. Hal ini diramaikan oleh munculnya Hashtag #PerebutanTahtaJawa yang dibuat oleh salah satu acara di stasiun televisi swasta; Mata Najwa.

Kami memantau dari tanggal 16 sampai 17 Januari 2018, Hashtag #PerebutanTahtaJawa mencapai 427 Talk. Dalam waktu dua hari saja, banyak orang yang tertarik untuk turut berpendapat perihal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pulau Jawa ini.

Proses turut campurnya masyarakat dalam berpendapat tentang hal tersebut sangat dibantu oleh hadirnya media sosial. Hal ini pun nyatanya diakui oleh para kandidat-kandidat tersebut, di mana mereka pun aktif menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi dan berbagi tentang aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Bahkan, beberapa kandidat pun sudah mulai melakukan kampanye di media sosial.

Dalam pembahasan kali ini, kami mencoba memantau aktivitas beberapa kandidat melalui akun media sosial mereka, khususnya pada media sosial Twitter. Kami hanya akan berfokus pada kandidat-kandidat yang akan mengisi posisi Gubernur di Jawa Barat saja.

Secara resmi, Jawa Barat sudah memiliki 4 calon pasangan yang akan bersaing merebutkan tahta di Provinsi Jawa Barat.

  1. Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi
  2. Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum
  3. Mayjen Sudrajat dan Ahmad Syaikhu
  4. Tubagus Hasanuddin dan Anton Charlian

Di dalam artikel ini, kami mencoba untuk memantau popularitas dan mengenal lebih jauh 4 calon Gubernur dari daerah Jawa Barat.

DEDDY MIZWAR

Deddy Mizwar adalah Wakil Gubernur Jawa Barat untuk periode 2013 – 2018. Pria kelahiran Jakarta, 5 Maret 1955 ini merupakan calon Gubernur yang diusung oleh Partai Demokrat dan Golkar. Deddy Mizwar memilih Dedi Mulyadi sebagai calon Wakil Gubernurnya dalam pemilihan Cagub pada tanggal 27 Juni 2018 nanti.

Walaupun studi yang ia jalankan di Institut Kesenian Jakarta tidak selesai, nyatanya Deddy Mizwar berhasil dalam mengembangkan kemampuannya, baik itu di bidang keaktoran atau pun di bidang politik. Penghargaan terakhir yang ia dapatkan adalah sebagai Pemeran Pria Terbaik FFI dalam Film Naga Bonar Jadi 2 (2007).

Deddy Mizwar sendiri merupakan salah satu tokoh yang turut aktif dalam menggunakan media sosial. Deddy sudah menggunakan media sosial, khususnya Twitter, semenjak bulan November 2012. Kini, ia pun sudah memiliki sekitar 418 ribu Followers dan sudah membuat 15.4 ribu Tweets selama 6 tahun ini.

RIDWAN KAMIL

Ridwan Kamil saat ini masih menjabat sebagai Walikota Bandung periode 2013 – 2018. Pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 ini diusung oleh partai Nasional Merdeka, dan berhasil menggaet Uu Uzhanul Ulum sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil, atau yang akrab dipanggil Kang Emil ini merupakan Master of Urban lulusan dari Design University of California. Penghargaan pribadinya yang terakhir kali didapatkan adalah Urban Leadership Award dari Universitas Pensylvania pada tahun 2013.

Kang Emil merupakan salah satu pentolan tokoh politik yang sangat aktif dalam menyuarakan kegiatan dan informasi-informasi perihal perkembangan kota Bandung dengan media sosial. Terbukti, untuk media sosial Twitter sendiri, Kang Emil sudah mulai menggunakannya semenjak bulan Oktober 2009. Kini, beliau sudah memiliki 2.98 juta Followers dan sudah membuat 41.1 Ribu Tweets selama 9 tahun.

MAYJEN SUDRAJAT (Purn)

Sudrajat adalah purnawirawan TNI dengan pangkat terakhirnya sebagai Mayor Jenderal. Beliau lahir di Balikpapan, 4 Februari 1949. Dalam perebutan tahta Jawa Barat kali ini, Mayjen Sudrajat menggaet Ahmad Syaikhu sebagai calon Wakil Gubernur.

Pada tahun 2012, Mayjen Sudrajat merupakan Wakil Ketua dari LIC, Lembaga Kerjasama Ekonomi, Sosial, Budaya Indonesia Cina. Pendidikan Militer terakhir yang beliau ikuti adalah di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Beliau pun mendapatkan berbagai macam penghargaan seperti Setya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXVI tahun, Medali PBB untuk Penjaga Perdamaian di Mesir, Legion Merit USA dan masih banyak lagi.

Untuk penggunaan media sosial sendiri, Mayjen Sudrajat terbilang masih sangat baru. Terhitung, media sosial Twitter dari beliau baru saja dibuat pada bulan Desember 2017. Kini, beliau sudah memiliki 3,887 Followers dan baru membuat 20 Tweets saja.

TUBAGUS HASANUDDIN (Purn)

Tubagus Hasanuddin atau yang akbrab dipanggil dengan TB Hasanuddin merupakan Wakil Ketua Komisi I DPR RI periode 2009 – 2014 dan 2014 – 2019. Beliau pun merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Pada kesempatan kali ini, TB Hasanuddin menggaet Anton Charlian sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

TB Hasanuddin pun pernah berkesempatan menjadi ajudan Presiden RI BJ Habibie pada periode 1998 – 1999. Selain itu, beliau juga berkesempatan menjadi Sekretaris Militer Presiden Kepresidenan Republik Indonesia (2001 – 2005). TB Hasanuddin juga merupakan lulusan dari Lembaga Ketahanan Nasional 2001.

Berbeda dengan calon sebelumnya, yang sama datang dari dunia militer, TB Hasanuddin ternyata cukup aktif dalam penggunaan media sosial. Beliau sudah menggunakan media sosial, khususnya Twitter, semenjak April 2013. Kini ia sudah memiliki 985 Followers dengan menyumbangkan 860 Tweets selama 5 tahun ke belakang.

Demikian lah gambaran sekilas perihal 4 calon Gubernur Jawa Barat yang akan bersaing untuk merebutkan salah satu tahta di pulau Jawa, yaitu Provinsi Jawa Barat. Penggunaan media sosial yang sudah para kandidat lakukan pun menjadi hal yang menarik untuk kita tunggu. Kami pun akan terus memantau bagaimana para kandidat menggunakan media sosial sebagai sarana pembantu dalam mengsukseskan kampanye mereka. Akan ada banyak sekali isu, diskusi dan pembahasan dari respon netizen terhadap setiap konten yang dibagikan oleh para kandidat calon Gubernur Jawa Barat 2018.

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"