Di tahun ini, kami mulai mengemas produk kami ke retail, dikhususkan ke UKM yang menggunakan media sosial. Ternyata memang ini bukanlah pekerjaan yang “sekedar” mengganti pengguna. Mengganti target pasar artinya kita harus bisa memahami tingkat pemahaman, cara menggunakan, dan terutama kemauan untuk membeli dari pasar kita. Seiring banyaknya interaksi kami dengan pelaku UKM, kami pun sadar bahwa selama ini media sosial ternyata sudah banyak membantu mereka, dan NoLimit ingin hadir untuk terus dapat memaksimalkan fungsi media sosial dalam peranan bisnis yang mereka geluti.

 

Business Strategy

Di tahun ini, kami juga mulai memberanikan diri untuk “membakar” uang untuk strategi bisnis kami. Prinsipnya adalah “Double or Nothing”, dan memang langkah yang diambil memiliki risiko yang tinggi. Hal ini didasari dari pemikiran bahwa kami harus mempercepat pertumbuhan, selain untuk meningkatkan daya saing NoLimit juga untuk memberi lebih banyak manfaat terhadap orang lain di sekitar kami.

Di sisi lain, kami sadar bahwa di titik kami saat ini ada hal yang lebih penting dari sekedar growth, yaitu sustainability. Karena itu, kami menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran untuk menghasilkan bisnis yang sustain. Hasilnya ternyata cukup memuaskan, walaupun secara laporan keuangan di atas kertas tidak sebaik tahun lalu, tapi kami jauh lebih yakin untuk menghadapi 2018 dan tahun berikutnya dengan fondasi yang kami bangun di tahun ini.

 

System Development

Kami sungguh menginginkan perusahaan yang sustain, dan kami berpikir bahwa perusahaan yang bertahan lama adalah perusahaan yang tidak bergantung pada orang. Di tahun ini, kami terus melakukan evaluasi proses bisnis internal kami, kami juga melakukan evaluasi kinerja secara rutin. Kami melakukan pencatatan di berbagai aspek, mulai dari berapa jumlah data yang masuk, berapa lama waktu yang dibutuhkan dari proses satu ke lainnya, berapa banyak interaksi dengan client, dan aspek-aspek lainnya. Dengan mengetahui data tersebut kami bisa mengetahui effort dan skill yang dibutuhkan dari masing-masing proses, dan bagaimana melakukan efisiensi di tiap prosesnya.

Kunci lain yang terpenting dalam mengsukseskan pembangunan sistem ini adalah “trust”. Trust dibutuhkan agar kita dapat melakukan delegasi dengan baik, dengan arahan dan kontrol yang baik, maka proses yang tadinya bertumpuk di satu orang dapat dikerjakan oleh orang lain dengan hasil yang tidak jauh berbeda

 

Marketing

Sejak berdiri di tahun 2010, NoLimit terus menjual produk dan layanannya ke B2B, langsung ke perusahaan ataupun agency yang membutuhkan. Sehingga skill pemasaran yang kami miliki kebanyakan adalah pemasaran relasional (Relationship Marketing), di mana kami membangun hubungan kedekatan personal dengan client kami, menumbuhkan kepercayaan, sehingga akhirnya mereka menggunakan produk dan layanan kami.

Dengan bertambahnya target pasar kami, maka pendekatan pemasaran pun memiliki beberapa penyesuaian. Kami tidak hanya harus fokus ke B2B, tetapi juga fokus ke Long Tail Business. Cukup menarik juga ketika harus belajar mengenai pemasaran ke pasar tersebut. Di tahun ini, kami belajar banyak mulai dari meningkatkan brand awareness NoLimit, Traffic, Conversion Rate, A/B Testing, Social Media Ads, dan hal menarik lainnya, yang tentu bisa meningkatkan revenue kami tanpa harus bertemu langsung dengan Customer.

Itu beberapa hal yang saya pelajari selama tahun 2017. Tahun yang penuh kebahagiaan, tantangan, dan juga harapan. Semoga tahun depan dapat menjadi tahun yang lebih baik dari tahun ini. Terima kasih banyak kepada tim NoLimit yang terus bersama, belajar, dan berkembang. Sungguh senang dan sebuah kehormatan untuk terus mendapat kepercayaan dari kalian. Terima kasih banyak juga kepada client-client yang terus percaya kepada kami. Tentu kami bukanlah apa-apa tanpa kalian.

Selamat tahun baru, dan sampai jumpa di 2018 🙂

About the author

Aqsath Rasyid Naradhipa
Chief Executive Officer at |

Aqsath is a Doctoral degree on Marketing Science in Universitas Indonesia. His passion on Digital Marketing and Social Media is the main reason why he spent more than 7 years to develop NoLimit. He is an experience influencer and speaker in many fields, such as, Digital Marketing, Social Media, Growth Hack and Entrepreneur.