Pada tanggal 11 Desember 2017, pengguna media sosial Twitter ramai-ramai menyuarakan campaign #RadioGueGakMati. Kami memantau ada 1,138 Tweets yang muncul dalam satu hari saja. Campaign ini disuarakan untuk kembali menghidupkan media radio yang kini sudah mulai tenggelam oleh media-media digital lainnya.

Hari Radio Internasional sendiri sebenarnya terjadi pada tanggal 13 Februari. Sedangkan untuk Hari Radio Nasional terjadi pada tanggal 11 September. Gerakan campaign pada tanggal 11 Desember ini memang sengaja dibuat untuk kembali menghidupkan Radio sebagai salah satu media yang masih eksis di Indonesia.

Campaign ini dibilang cukup menarik karena tepat pada hari itu, pukul 07:45, seluruh radio hilang seperti adanya masalah dalam sinyal siaran. Selama 15 menit semua radio hening dan nyatanya hal ini berhasil membuat netizen ramai berkomentar di beberapa media sosial dengan Hashtag #RadioGueMati.

Tepat pada pukul 08:00, seluruh radio Indonesia kembali bersuara dan yang pertama kali muncul adalah lagu Indonesia Raya. Hal yang mengejutkan adalah munculnya suara bapak Presiden RI, Joko Widodo, tepat setelah lagu Indonesia Raya selesai dikumandangkan.

Sesaat setelah rekaman suara bapak Presiden didengarkan, kompak seluruh radio se-Indonesia kembali bersiaran dengan acaranya masing-masing. Campaign ini pun berhasil dilakukan karena netizen ramai menggunakan Hashtag #RadioGueGakMati, dengan harapan media radio pun kembali didengar oleh masyarakat Indonesia.

Dengan jumlah 1,138 Tweets menggunakan Hashtag tersebut dalam 1 hari, kami tertarik untuk memantau lebih jauh perihal bagaimana campaign ini bisa bekerja dengan maksimal dan tentu saja sampai kepada orang-orang yang tepat, yaitu pecinta radio itu sendiri.

Top Talker #RadioGueGakMati

Kami memantau 3 akun sebagai Top Talker, di mana ketiga akun tersebut adalah yang paling banyak menggunakan Hashtag #RadioGueGakMati pada setiap postingannya.

@tuty_utut, Lifestyle Blogger & Influencer (60 Tweets)

@daffana, Blogger & Kompasianer of The Year (52 Tweets)

@sallyfauzi, Lifestyle Blogger & Influencer (47 Tweets)

Dengan banyaknya netizen yang antusias menggunakan Hashtag tersebut, tentu saja kita bisa menarik kesimpulan bahwa campaign yang dilakukan ini sudah berhasil mencapai pecinta radio untuk kembali mendengarkan media radio.

Top Influencer #RadioGueGakMati

Selain itu, kami pun memantau bahwa Hashtag ini bukan hanya berhasil sampai ke netizen saja, tetapi juga beberapa public figure dan influencer turut menyuarakan campaign ini. Berikut kami rangkum sebagai Top Influencer yang menggunakan #RadioGueGakMati

@armandmaulana, Public Figure & Musician (2,423,405 Followers)

@WulanGuritno, Public Figure & Actress (1,833,171 Followers)

@Melanie_putria, Miss Indonesia 2002 & TV Host (407,100 Followers)

Top Radio Official Account #RadioGueGakMati

Hampir seluruh media Radio pun turut menyuarakan campaign #RadioGueGakMati tersebut. Berikut 3 Radio yang paling popular dan yang aktif mengikuti campaign tersebut.

@RadioElshinta (3,363,027 Followers)

@Prambors (2,217,430 Followers)

@JAK101fm (574,033 Followers)

Top Post Made #RadioGueGakMati

Pada bagian terakhir, kami pun menemukan Post Made yang paling berhasil dalam menyuarakan campaign #RadioGueGakMati. Top Post Made ini kami kategorikan berdasarkan interaction tertinggi, yaitu Retweet dan Favorite.

@beymachmudin (134 Retweets & 89 Favorites)

Dengan berbagai macamnya respond dan partisipasi pengguna media sosial dalam campaign ini, tentu bisa dibilang bahwa #RadioGueGakMati sudah berhasil kembali meningkatkan eksistensi dari media Radio itu sendiri. Turut sertanya Bapak Joko Widodo dan juga beberapa Influencer dalam campaign ini menjadi salah satu penentu keberhasilan untuk menghidupkan kembali Radio di Indonesia.

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"