Baru-baru ini media sosial Instagram sedang menguji beberapa fitur terbaru mereka. Instagram sendiri memilih beberapa pengguna mereka di beberapa daerah untuk mencoba fitur baru Instagram yang sedang mereka tes. Informasi ini diambil dari artikel The Next Web, di mana mereka menjadi salah satu pengguna Instagram yang mendapatkan fitur baru tersebut. .

Sejauh ini, beberapa fitur tersebut belum bisa dipastikan kapan akan diresmikan dan bisa digunakan oleh seluruh pengguna Instagram. Terkait fitur-fitur tersebut, berikut beberapa fitur Instagram yang sedang di uji coba:

Tombol Regram

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya pihak Instagram mulai menguji coba fitur regram sebagai fitur terbaru di Instagram. Sebelumnya, fitur regram atau repost bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sehingga, ketika pengguna ingin mem-posting ulang sebuah konten, mereka harus mendownload aplikasi lain yang mampu melakukan hal tersebut. Namun, kini pengguna di Instagram bisa sedikit gembira jikalau fitur regram tersebut benar-benar resmi diluncurkan.

Fitur tersebut nantinya akan dipasang tepat di sebelah fitur DM (Direct Message) di setiap posting Instagram.

GIF Pada Instagram Stories

Selanjutnya, ada hal baru yang nantinya melekat pada fitur InstaStories. Kali ini, pengguna dengan leluasa mengirimkan gambar berbentuk GIF untuk membalas sebuah InstaStories. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mencari dan menambahkan gambar GIF. Dengan demikian, fitur Insta Stories akan lebih meriah dan memancing pengguna lainnya untuk membalas InstaStories lebih menarik.

Saat ini, fitur tersebut telah tersedia di aplikasi Instagram versi beta. Beberapa orang diundang secara khusus untuk mencoba aplikasi tersebut secara terbatas. Ketika diakses, maka fitur uji coba tersebut bisa digunakan dalam kurun waktu tertentu.

Archive Stories

Beberapa kelemahan InstaStories yang saat ini digunakan adalah masa aktif InstaStories yang hanya bertahan selama 24 jam. Setelahnya, maka Anda harus membuat Stories kembali secara manual. Namun, kali ini pengguna tidak akan disusahkan dengan InstaStories. Pasalnya, Instagram menyematkan fitur arsip untuk menyimpan Stories yang sudah kadaluwarsa. Dengan demikian, segala bentuk stories yang telah dibuat akan disimpan dengan baik.

Kategorisasi Daftar Teman (Followers)

Instagram-Close-Friend

Instagram-Close-Friend

Awal tahun ini, Instagram menguji fitur teman favorit. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membagikan sesuatu kepada teman terdekatnya saja. Fitur ini memungkinkan Anda hanya membagikan sebuah konten kepada daftar teman favorit saja.

Share to Whatsapp

Kali ini, Instagram menguji beberapa layanan untuk membagikan sesuatu ke dalam media messaging WhatsApp dan media sosial Facebook. Hal tersebut bisa dijumpai untuk aplikasi Instagram versi iOs. Dalam fitur tersebut, pengguna bisa leluasa untuk membagikan konten secara langsung dan dibagikan media sosial lainnya. Di mana sebelumnya Instagram hanya menyediakan fitur bagikan ke sesama pengguna Instagram dan juga Link untuk di share, harapannya dengan adanya fitur Share to WhatsApp ini, Instagram bisa lebih fleksibel lagi untuk digunakan.

Opsi Pencarian Emoji

Saat ini, di lini pencarian Instagram hanya memiliki opsi pencarian seperti akun, hashtag dan keyword. Kali ini, Instagram menambahkan fitur pencarian baru berbasis emoji. Dengan demikian, pengguna cukup menemukan emoji tertentu dan Instagram akan menampilkan konten yang terkait dengan emoji tersebut.

Selain dari fitur tersebut. Di temukan juga fitur-fitur baru yang lainnya, seperti Following Hashtag yang memungkinkan pengguna untuk menemukan kontendi setiap hashtag yang diikuti. Selain itu, dalam fitur pesan ditambahkan pula fitur sematkan pesan yang digunakan untuk menyematkan pesan yang masuk di posisi teratas.

Peluang Baru dalam Social Media Marketing di Instagram

Dari sekian banyak fitur yang sedang diuji oleh Instagram. Beberapa fitur diantaranya sangat memudahkan pengguna untuk meningkatkan peluang pemasaran melalui media sosial Instagram.

Jika kita sedikit mereview fitur diatas, fitur Share to WhatsApp sangat berguna untuk membagikan konten dan promosi secara instan. Selain itu, fitur menarik lainnya adalah Following Hashtag. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur following hashtag memungkinkan Anda untuk mengikuti sebuah hashtag dan melihat lebih intens konten-konten terkait hashtag tersebut. Manfaat yang bisa dirasakan adalah Anda mampu melihat sebuah konten dari hashtag jauh lebih instan jika ingin membukanya dilain waktu. Jadi, Anda bisa dengan mudah mengamati sebuah konten secara sederhana.

Fitur penting lainnya seperti Regram merupakan fitur yang di idam-idamkan semua pengguna Instagram. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan share posting dari berbagai akun di Instagram. Dengan demikian, efektivitas penyebaran konten akan jauh lebih cepat dari biasanya dibanding mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

Pada akhirnya, fitur-fitur tersebut mampu memberikan pengalaman baru bagi pengguna Instagram. Dalam Social Media Marketing, konten-konten pun akan semakin mudah menjadi viral dan tersebar ke semua lini media sosial. Bagaimana tanggapan teman-teman tentang uji coba fitur baru ini??

About the author

ilham-saputra
Ilham Saputra
SEO & Social Media Content at

Hello, I am very enthusiastic about the world of SEO and digital marketing, I am happy to write something with good SEO rule. Have a hobby copy writing and love to interact with people.