Tepat pada tanggal 7 November 2017, Twitter secara resmi memperbaharui fitur mereka, yaitu 280 karakter untuk setiap Tweet-nya. Keputusan ini membuat heboh netizen, bukan hanya dari Indonesia, bahkan sampai ke seluruh dunia. Dengan Hashtag #280characters, netizen ramai-ramai mengemukakan pendapat mereka tentang bertambahnya karakter di Twitter.

Jauh sebelum melihat apa yang dirasakan pengguna Twitter dengan adanya penambahan karakter ini, pihak Twitter sendiri sebenarnya sudah melakukan banyak penelitian sebelumnya.

Alasan Di Balik Fitur #280characters Twitter

Keputusan penambahan karakter menjadi 280 ini sebenarnya bukan keputusan yang cukup mengagetkan. Pada bulan September, Twitter sudah melakukan beberapa tes, dengan memberikan fitur 280 karakter kepada beberapa orang dari beberapa negara. Hal ini dilakukan sebagai bahan studi kasus sebelum benar-benar mengambil keputusan perihal penambahan karakter tersebut.

Awal munculnya usul penambahan karakter pada Twitter ini terjadi karena kesulitan para pengguna Twitter dalam menyampaikan konten mereka secara utuh, dengan batasan hanya 140 karakter saja. Menurut pihak Twitter sendiri, beberapa pengguna Twitter yang menggunakan huruf alphabet menghabiskan waktu lebih lama ketika membuat sebuah konten dibandingkan pengguna yang menggunakan Bahasa Jepang, Korea dan juga Cina.

Waktu lebih lama ini biasanya dihabiskan untuk memotong beberapa poin di dalam konten, di mana efeknya poin penting dari konten tersebut bisa saja tidak tersampaikan secara utuh. Hal ini berbanding terbalik dengan pengguna Twitter yang menggunakan Bahasa Jepang, Korea dan juga Cina. Dengan huruf dan kosa kata yang mereka gunakan, nyatanya jumlah 140 karakter yang ditawarkan oleh Twitter sudah lebih dari cukup.

https://blog.twitter.com/official/en_us/topics/product/2017/Giving-you-more-characters-to-express-yourself.html

Gambar perbandingan di atas adalah bukti yang didapatkan oleh pihak Twitter di mana jumlah 140 karakter belum bisa mencukupi kebutuh para pengguna Twitter. Harapannya adalah dengan ditambahnya jumlah karakter tersebut bisa mempermudah dan memaksimalkan fungsi Twitter sebagai media sosial.

Hingga pada akhirnya, tanggal 7 November 2017, Twitter secara resmi mengumumkan bahwa jumlah karakter untuk satu kali Tweet bertambah menjadi 280 karakter.

Respon Netizen Terhadap #280Characters Twitter

Pada tanggal 8 November 2017, kami memantau terdapat 123.829 Tweets yang menggunakan #280characters dan tentu saja Hashtag tersebut menjadi Worldwide Trending Topic di Twitter. Kami akan menyuguhkan beberapa contoh penggunaan fitur #280Characters tersebut dimulai dari Tweet yang paling banya di favoritkan, di-retweet, sampai Influencer yang turut pula menggunakan Hashtag tersebut.

Dari beribu-ribu akun Twitter yang turut memberi respon kepada #280Characters, akun resmi FC Barcelona menjadi akun dengan followers terbanyak, yaitu 25,309,029 followers yang turut mem-posting #280Characters.

Selain FC Barcelona, Media ternama BBC (21,758,063 Followers) pun turut memberikan respon.

Seorang Influencer, penulis dan motivator dari India, Chetan Bhagat (10,886,993 Followers) membuat tiga buah postingan yang menggunakan Hashtag #280Characters, dan berikut salah satu postingannya.

Influencer lainnya yang turut memberikan respon terhadap fitur ini adalah seorang Blogger dari Amerika, dan kolumnis, Mario Armando Lavandeira Jr, atau yang dikenal juga dengan nama Perez Hilton (6,610,508 Followers).

Selain beberapa pengguna Twitter dengan Followers terbanyak di atas, kami pun memberikan beberapa postingan dengan Retweet dan Favorit terbanyak.

Veerayuth Krootsin, dengan akun Twitter @imtaiki mendapatkan Retweet terbanyak, yaitu 3,595 Retweet. Akun tersebut memposting sebuah deskripsi apa yang bisa dilakukan dengan penambahan fitur #280characters dalam bahasanya sendiri, yaitu Bahasa Thai.

Lalu postingan yang mendapatkan favorit terbanyak adalah postingan dari Keith Boykin, penyiar, penulis dan komentator, yang mendapatkan 98,714 favorit. Berikut postingan yang ditulis oleh akun @keithboykin.

Demikian lah beberapa postingan respon dari pengguna Twitter tentang penambahan karakter yang pada awalnya 140 menjadi 280 karakter. Lalu bagaimana pendapat teman-teman tentang #280characters ini??

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"