Tepat pada tanggal 1 dan 2 November 2017, Tech in Asia sukses kembali menyelenggarakan acara tahunan mereka, yaitu Tech in Asia Jakarta 2017. Acara yang berlangsung di Jakarta Convention Center ini sukses mendatangkan ribuan pengunjung, baik itu dari peserta Startup Exhibitors, Speaker yang mengisi acara conference, sampai pengunjung perwakilan dari beberapa perusahaan ternama.

NoLimit sendiri berkesempatan berpartisipasi pada acara tersebut, tepatnya sebagai Startup Exhibitor pada hari pertama (1/11). Dengan jumlah ratusan Startup dan perusahaan yang membuka booth, acara ini menjadi ajang unjuk gigi bagi mereka untuk memamerkan produk-produk yang mereka miliki.

Bukan hanya itu, pihak TIA pun menyuguhkan beberapa konten menarik, seperti Main Stage yang diisi oleh para ahli dan kisah-kisah pengusaha sukses dalam membangun perusahaan mereka, Developer dan Product Stage, Marketing Stage, Startup 101, Revenue Stage, Investor Stage, bahkan sampai Pitching Battle Arena yang dimanfaat sebagai ajang promosi di depan para investor.

#TIAjkt2017 menjadi campaign resmi yang digunakan untuk event tersebut. Baik itu di media Instagram ataupun Twitter, para pengunjung sangat antusias untuk memamerkan pengalaman mereka dengan menggunakan Hashtag tersebut.

Hal ini lah yang memotivasi kami, NoLimit, untuk melakukan pemantauan di media sosial, perihal acara Tech in Asia Jakarta 2017 tersebut. Dengan menggunakan NoLimit Dashboardkami mencoba melakukan analisa pemantauan melalui campaign #TIAjkt2017, ditambah pula dengan Hashtag #techinasia, #techinasiajakarta dan #techinasiajakarta2017. Analisa ini kami lakukan dengan jangka waktu 1 November 2017 sampai dengan 3 November 2017. Kami mengambil data analisis tersebut melalui media sosial Instagram

Hasil analisis ini kami bagi menjadi beberapa bagian, dan kami akan memaparkan 3 buah post made dari setiap kategorinya.

  • The First Three Posts
  • Top Official Accounts
  • The Most Liked Posts
  • The Most Commented Posts
  • Top Engaged Users
  • Top Influencers

Hasil pertama yang kami dapatkan adalah terdapat 503 total talk dan 318 total engaged user dari media sosial Instagram. Selanjutnya, akan kami paparkan di bawah ini.

The First Three Posts

Analisa pertama yang kami lakukan adalah dengan mencari siapa yang paling antusias dengan acara Tech in Asia Jakarta 2017. Kami menemukan 3 akun yang paling pertama menggunakan Hashtag tersebut.

NoLimit, Online Media Technology Partner

Ubiklan

SCOLA, All in One Integration

#techinasia #tech #technology #techinasia2017 #booth #2041 #startup #startuplife #education

A post shared by SCOLA – All in One Integration (@scola.id) on

Top Official Accounts

Berikut tiga akun resmi pada Instagram yang turut menggunakan Hashtag-hashtag yang berhubungan dengan acara Tech in Asia Jakarta 2017. Kami mengurutkannya berdasarkan Audience terbanyak di setiap akunnya.

Circledoo – Jadi Lebih Hebat, Sekarang! (46.752 followers)

Rajamobil.com (31.580 Followers)

Grobmart – Online Book Store (27.640 Followers)

The Most Liked Posts

Berikut adalah beberapa post made yang mendapatkan applause terbanyak di acara Tech in Asia Jakarta 2017.

Marsya Gusman – Miss Internet Indonesia 2017

Tech in Asia 2017 was a great fun. In the era of globalisation, indeed we need more and more innovators. I found couple of great startups that's really good for educational purposes & productivities such as Tyro, Scola.id, Lacak.io, Furnizing, Islampedia, Legal-o and many more. will definitely take this to schools all around indonesia. – Thanks Mrs. Lidya from Tech in Asia for inviting me to gain more insights 🙏 Hopefully more and more progress can be seen in Asia's Digital Landscape. See you next year! #techinasia2017 @techinasia_id @techinasia . . . . . . . . . . . . . . #technology #data #startups #tech #web #apps #website #android #ios #techinasia #webstagram #statigram #instadaily @kemenkominfo @missinternetindonesia

A post shared by Miss Internet Indonesia 2017 🌐 (@marsyagusman) on

Tech in Asia Indonesia

Apa lagi yang kamu petik dari berbagai sesi di hari pertama? Upload pakai hashtag #tiajkt2017!

A post shared by Tech in Asia Indonesia (@techinasia_id) on

Merrie Elizabeth – Owner of BloBar – Forbes Class 2016 

Always a geek in heart 🤓📚🖋💻 ❤️@techinasia_id ✌🏻 #happyfitdiary #tiajkt2017

A post shared by Wanderlust ॐ (@merrieelizabeth) on

The Most Commented Posts

Fakta ke-empat yang kami cari tahu adalah post made yang mendapatkan komentar terbanyak. Berikut tiga post made dengan komentar terbanyak.

Daniel – Founder of Morrism Creative

Agus Afif Riyadi – Community Manager of Tech in Asia

Grizelda Mantanita – Representative of Sellbuytime

Top Engaged Users

Berikut adalah tiga Engaged Users teratas yang turut meramaikan acara Tech in Asia Jakarta 2017.

Jakarta Founder Institute (21 post made)

Farly Dewantara – Co-Founder & Chief Technology Officer of Medicaboo Founder dan Chief Executive Officer of IklanOtto Startup (20 post made)

Shahrul Subki – Co-Founder & Chief Technology Officer of SimpliPhi Tech (16 post made)

Machine Learning and AI for Marketing #tiajkt2017 #machinelearning #ai #digitalmarketing

A post shared by Shahrul Subki (@shahrulsubki) on

Top Influencers

Fakta terakhir yang kami dapatkan dari analisa #TIAjkt2017, #TechinAsia #TechinAsiaJakarta dan #TechinAsiaJakarta2017 di media sosial Instagram adalah Top Influencer. Top Influencer sendiri merupakan salah satu faktor kesuksesan sebuah campaign, di mana tokoh-tokoh siapa saja yang turut menggunakan hashtag tersebut dan ikut meramaikan acara Tech in Asia jakarta 2017.

Arjan de Raaf – Chief Executive Officer of SocialNavigator (91.780 Followers)

Tech in Asia 😂 #TechInAsia

A post shared by Arjan de Raaf (@arjanderaaf) on

Marsya Gusman – Miss Internet Indonesia 2017 (18.509 Followers)

Tech in Asia 2017 was a great fun. In the era of globalisation, indeed we need more and more innovators. I found couple of great startups that's really good for educational purposes & productivities such as Tyro, Scola.id, Lacak.io, Furnizing, Islampedia, Legal-o and many more. will definitely take this to schools all around indonesia. – Thanks Mrs. Lidya from Tech in Asia for inviting me to gain more insights 🙏 Hopefully more and more progress can be seen in Asia's Digital Landscape. See you next year! #techinasia2017 @techinasia_id @techinasia . . . . . . . . . . . . . . #technology #data #startups #tech #web #apps #website #android #ios #techinasia #webstagram #statigram #instadaily @kemenkominfo @missinternetindonesia

A post shared by Miss Internet Indonesia 2017 🌐 (@marsyagusman) on

Nuniek Tirta – Indonesia Lifestyle Blogger dan Influencer (13.483 Followers)

Demikian lah beberapa fakta acara Tech in Asia Jakarta 2017 yang kami temukan di media sosial Instagram. Untuk beberapa perusahaan yang sudah berjalan, khususnya sudah mulai bermain di Social Media Marketing, 6 fakta yang kami paparkan di atas adalah hal-hal yang wajib diketahui. Fungsinya adalah sebagai tolak ukur apakah campaign yang teman-teman buat sudah sesuai dengan target atau belum.

Selain 6 fakta di atas, masih ada beberapa hal lainnya yang perlu teman-teman ketahui ketika sedang melakukan sebuah campaign. Metrik seperti Reach, Impression, Sentiment Analysis, Peaktime, Wordcloud dan yang lainnya merupakan metrik pengukur bagaimana performa campaign Anda di media sosial. Apabila Anda sudah mulai membuat campaign dan ingin tahu lebih dalam bagaimana performa campaign Anda tersebut, kami NoLimit, siap membantu dalam memonitori dan menganalisa media sosial Anda.

FREE TRIAL NOLIMIT DASHBOARD

 

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id |

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"