Pada artikel tutorial NoLimit Dashboard yang ke-3 ini, kami akan membahas perihal Template dan juga Metric yang terdapat pada NoLimit Dashboard. Pada artikel pertama kami sudah membahas perihal bagaimana cara registrasi dan juga Setup akun awal untuk bisa menggunakan NoLimit Dashboard. Setelah itu, kami pun sudah membahas perihal bagaimana menggunakan fitur utama dari NoLimit Dashboard, yaitu tentang bagaimana menambahkan Object dan juga membuat Topic dari Object yang sudah ditambahkan ke daftar NoLimit Dashboard. Selain itu, masih ada fitur utama lainnya yang harus teman-teman ketahui dalam menggunakan NoLimit Dashboard, di mana akan kami bahas secara rinci pada artikel ini.

Sebelum membahas lebih jauh perihal Setting Template dan juga Metric pada NoLimit Dashboard, kami akan memberikan sedikit penjelasan perihal apa itu Template dan Metric.

Template pada NoLimit Dashboard adalah pegaturan tampilan Metric yang akan disuguhkan pada satu halaman. Dalam satu template, Anda bisa menemukan 7 Metric yang disuguhkan dalam bentuk angka, gambar, grafik, tabel dan format lainnya. Sedangkan Metric itu sendiri adalah hasil dari analisis yang disuguhkan dalam beberapa format.

Untuk mengetahui lebih jauh apa itu Template dan Metric, dan juga bagaimana menggunakannya di NoLimit Dashboard, kami akan membahasnya dengan rinci di artikel ini.

Template dan Metric NoLimit Dashboard

Default Template

Pada NoLimit Dashboard, kami menyediakan 9 jenis template yang bisa Anda pilih, sesuai dengan kebutuhan  Anda. Sedangkan, yang Anda lihat pertama kali saat masuk ke NoLimit Dashboard, adalah Default Template, dengan suguhan 9 jenis Metric, yaitu Total Audience, Total Talk, Total Post Made, Total Applause, Overall Performance (Engaged User, Virality, Talk, Applause), Total Tweets Made, Total Talk by Media, Total Engaged User by Media, Twitter Mention, Peak Time dan Twitter Reply.

Dengan kombinasi Metric tersebut, sebenarnya Default Template ini baik digunakan untuk Anda yang menggunakan Object dari platform Twitter. Akan tetapi, hal ini tidak berarti NoLimit Dashboard tidak optimal untuk digunakan dalam memantau Object dari platform selain Twitter. Anda bisa memilih beberapa Template lainnya, atau bahkan membuat Template Anda sendiri, sesuai dengan kebutuhan Online Media Anda.

Digital Assessment Template

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa NoLimit Dashboard menyediakan beberapa pilihan Template yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan Online Media Monitoring Anda. Untuk mengganti Template, Anda bisa memilih pilihan Edit Template, setelah itu Anda akan melihat beberapa pilihan template.

Pilihan pertama adalah Digital Assessment Template. Template ini meliputi Overall Performance (Engaged User, Virality, Talk, dan Applause), Audience Growth, Audience, New Audience, Engagement Rate, Top Post Made, Interaction.

Dengan kombinasi Metric tersebut, Digital Assessment Template banyak digunakan untuk memantau akun social media. Melihat bagaimana perkembangannya dan juga engagement yang didapatkan. Perkembangan audience pun akan terus dipantau dengan metric Audience, New Audience dan Audience Growth.

Community Profiling Template

Opsi selanjutnya dalam penggunaan Template NoLimit Dashboard adalah Community Profiling Template. Template ini menyuguhkan beberapa Metric seperti Overall Performance (Engaged User, Talk, Virality, dan Applause), Audience by Interest, Engaged User by Interest, Audience by Gender, Audience by Location, Bio dan Peak Time.

Untuk Community Profiling Template, NoLimit Dashboard lebih fokus pada analisa profil Brand yang Anda miliki. Kami menyuguhkan analisis perihal siapa saja (secara mendetil) yang memiliki ketertarikan dengan Brand Anda. Dimulai dari interest, jenis kelamin, Biografi, lokasi sampai waktu yang tepat kapan pengguna netizen sering melakukan interaksi dengan brand Anda.

Reputation Management Template

Pada Reputation Management Template, NoLimit Dashboard menyuguhkan beberapa Metric, seperti Talk by Sentiment, Total Talk by Sentiment, Talk WordCloud, Total Talk by Media, Top Engaged User, Peak Time, dan Top Talk.

Reputation Management Template ini fokus pada analisa bagaimana brand Anda di mata pengguna Online Media, khususnya Audience di social media. Anda bisa mengetahui bagaimana sentimen dari setiap pengguna social media tentang brand Anda, apakah itu positif, negatif ataupun netral. Dengan menggunakan Metric WordCloud, Anda pun bisa mengetahui kata kunci apa yang paling sering dibicarakan oleh netizen, terutama yang berhubungan dengan brand Anda. Selain itu, Anda pun bisa mengetahui social media mana yang menyumbangkan Talk tersebesar, sehingga Anda bisa mengetahui platform apa yang tepat untuk digunakan sebagai media promosi.

Campaign Optimation Template

Campaign Optimation Template menyuguhkan beberapa Metric, seperti Overall Performance (Engaged User, Talk, Virality, dan Applause), Top Engaged User, Top Talk, Metric Potential Impression, Metric Potential Reach, Peak Time, dan Engaged User by Interest.

Campaign Optimation Template ini tentu saja digunakan untuk memantau Campaign / kampanye yang sedang Anda lakukan. Anda bisa melihat bagaimana performa Campaign tersebut dari Metric Top Engaged User, Top Talk, Metric Potential Impression, Metric Potential Reach dan juga Peak Time. Selain itu, kam pun menambahkan Metric Engaged User by Interest, untuk melihat apakah Campaign Anda sudah sampai pada Audience yang dituju atau masih perlu perbaikan.

Buzzer Assessment Template

Opsi Template lainnya adalah Buzzer Assessment Template. Pada Template ini, NoLimit Dashboard menyuguhkan beberapa Metric, seperti Post Made, Total Post Made, Top Post Made, Applause, Virality, Top Engaged User, Interaction.

Buzzer Assessment Template fokus pada Post Made yang sudah Anda buat. Anda bisa melihat hasil analisis dari performa konten yang sudah Anda buat, dari postingan yang paling populer, Engaged User, Appaluse, Virality sampai pada bagian Interaction.

Customer Service Template

Untuk Customer Service Template, NoLimit Dasboard menyuguhkan Metric: Talk, Response Time, Top Engaged User, dan Peak Time.

Pada opsi Customer Service Template, NoLimit menyediakan Response Time Metric. Pada bagian ini, Anda bisa melihat bagaimana anailisis menejemen waktu dalam membalas setiap interaksi pada konten yang dbuat. Dengan tambahan Talk dan Peak Time Metric, Anda pun bisa melihat bagaiamana waktu merespon bisa mempengaruhi performa konten dari brand Anda.

Issue Tracking Template

Template yang ke-8 adalah Issue Tracking Template. Template ini menyuguhkan Metric: Talk, Talk by Sentiment, Talk WordCloud, Top Engaged User, Peak Time, Sentiment by Media, dan Top Talk.

Salah satu tujuan seseorang menggunakan media Social Media Monitoring adalah untuk memantau perihal sebuah isu yang sedang viral di kalangan pengguna Social Media. Dengan menggunakan Issue Tracking Template, Anda bisa memantau bagaimana isu tersebut dibicarakan di Social Media. Anda bisa mendapatkan bagaimana sentimen respon netizen perihal isu tersebut, apakah itu positif, negatif, ataupun netral. Selain itu, Anda pun bisa mengetahui social media manakah yang banyak membicarakan isu tersebut, lengkap dengan sentiment dari setiap medianya. Metric tambahan lainnya yaitu Talk, Talk WordCloud, Top Engaged User, Peak Time dan juga Top Talk.

Customize Template

Untuk pilihan Template terakhir adalah Customize Template. Pada Template ini, Anda bisa membuat Template Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Anda bisa menggunakan 7 tempat Metric, untuk di isi dengan Metric sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Tekan bagian Customize Template.

  • Tekan bagian Delete untuk menghapus Metric.

  • Tekan Add Widget

  • Pada kolom Select Metric, Anda bisa mengetik secara manual Metric apa yang ingin ditampilkan. Selain itu, Anda pun bisa memilih secara manual Metric mana yang ingin Anda tampilkan.
  • Pada kolom Select Visualization, Anda bisa memilih format tampilan dari Metric yang sudah Anda pilih, contohnya Line, Table, Number, dan yang lainnya.
  • Setelah itu Anda bisa menekan tombol Save, dan Metric yang Anda inginkan pun sudah ditampilkan.
  • Anda bisa melakukan hal yang sama pada Metric yang lainnya untuk merubah sesuai dengan kebutuhan Online Media Anda.

  • Setelah melakukan proses edit Metric pada semua kolom, Anda bisa menyimpan Template tersebut dengan menekan tombol Done Editing. Artinya, Anda sudah merubah salah satu Template yang disuguhkan oleh NoLimit Dashboard.

  • Apabila Anda ingin membuat Template baru, tanpa merubah Template yang sudah disuguhkan oleh NoLimit Dashboard, Anda menekan bagian Share your custom template. Setelah itu, tekan tombol Share Template. Pada bagian akhir, Anda bisa memasukan nama Template yang sudah Anda buat.

  • Dengan begitu, Anda sudah berhasil membuat Template baru ada NoLimit Dashboard, dengan memilih Metric sesuai kebutuhan Anda.

 Metric

Agar bisa memberikan data analisis yang sangat mendalam, kami pun menyediakan berbagai macam Metric yang bisa Anda gunakan pada NoLimit Dashboard. Pada tutorial ini, kami akan memberikan daftar Metric yang bisa Anda gunakan di NoLimit Dashboard.

Pada dasarnya, Metric pada NoLimit Dashboard dibagi menjadi dua jenis, yaitu Basic Metric dan Advanced Metric.

Basic Metric

  • Post-Made Metric menunjukkan jumlah Post yang sudah Anda buat. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Post-Made Metrics seperti Facebook Post Made, Twitter Tweets Post Made, Instagram Post Made, Top Post Made, Total Post Made by Media, Post Made by Media, Average Post Made dan Post Made Growth.
  • Virality adalah penyebaran pada postingan di akun sosial media. Di Facebook disebut share, di Twitter disebut Retweet. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Virality Metrics seperti Total Virality by Media, Average Virality, Virality Growth, dan Total Virality.
  • Talk adalah perbincangan pada sosial media, di Facebook disebut Comment dan Incoming Wall Post, di Twitter disebut Reply dan Mention, di Youtube disebut Comment, dan di Instagram disebut Comment. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Talk Metrics seperti Twitter Talk, Twitter Talker, Top Talk, Total Talk by Media, Average Talk, dan Talk Growth.
  • Applause adalah ketertarikan pada postingan di akun sosial media. Di Facebook disebut like, di Twitter Favorite, di Youtube Like, di Instagram Like. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Applause Metrics seperti Total Applause by Media, Average Applause, dan Applause Growth.
  • Engaged User adalah user yang terlibat percakapan di Facebook, Twitter, Youtube maupun Instagram. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Engaged User Metrics seperti Total Engaged User, Engaged User by Media, Top Engaged User, Engaged User Growth, Average Engaged User, Lifetime Engaged User, New Engaged User, Lifetime Engaged User by Media, New Engaged User by Media, dan New Engaged User Growth.
  • Audience adalah orang-orang yang berteman dan yang mengikuti akun sosial media Anda. Di Facebook disebut Fans, di Twitter dan Instagram disebut Follower, sedangkan di Youtube disebut Subscriber. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Audience Metrics seperti Audience by Media, Audience Growth, Average Audience, Last Audience, New Audience, Average Audience Acquisition Cost, dan Total Audience.
  • Selain media sosial, NoLimit Dashboard pun memberikan RSS dan Forum Metrics untuk setiap penggunanya, seperti News Article, News Media, Forum Thread, Forum Comment, Forum Commenter, dll

Advanced Metric

  • WordCloud Metric menyuguhkan kata kunci yang paling sering dibicarakan, yang berkaitan dengan Object yang Anda gunakan di NoLimit Dashboard. Ada beberapa WordCloud Metrics yang NoLimit Dashboard tawarkan, seperti Talk WordCloud dari seluruh social media dan Bio WordCloud yang diambil dari deskripsi biografi setiap Engaged User.
  • Sentiment Analysis akan membantu Anda untuk mengetahui respon para netizen terhadap setiap Post yang sudah Anda buat, apakah sentimennya positif, netral ataupun negatif. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Sentiment Analysis Metrics seperti Total Talk by Sentiment, Talk by Sentiment, Category by Sentiment, Sentiment by Media dan Media by sentiment.
  • Anda pun bisa menggunakan Category Metric pada fitur Advanced Metrics. NoLimit Dashboard menawarkan beberapa Category Metric seperti Total Talk by Category dan Talk by Category.
  • NoLimit Dashboard pun menawarkan Metric lainnya yang lebih detil seperti Metric pada Engaged User dan Audience berdasarkan umur, lokasi, jenis kelamin dan ketertarikan.

Demikian lah sedikit penjelasan dan tutorial terkait dengan Template dan juga Metrics pada NoLimit Dashboard. Harapannya, Anda bisa lebih memanfaat social media, bukan hanya untuk sebagai media bisnis saja, tetapi juga untuk kebutuhah-kebutuhan lainnya, terlebih lagi dengan menggunakan alat seperti NoLimit Dashboard.

 

 

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id |

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"