Pemasaran E-Commerce di internet kini sudah menjadi sebuah tren ekonomi di dunia digital. Gaya berbelanja tradisional yang menguras waktu sudah dianggap tidak efisien untuk manajemen waktu yang dimiliki. Sehingga, kini mayoritas orang-orang tak perlu keluar rumah dan menyita waktu untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Fenomena tersebut sudah mulai menyebar di Indonesia, seiring berkembang pesatnya penggunaan internet di semua kalangan masyarakat. Dengan demikian, para pelaku bisnis pun mulai menciptakan pasar online (E-Commerce) yang diharapkan bisa membantu orang-orang membeli produk yang dibutuhkan di Internet.

Setelah tren tersebut berlanjut, saat ini E-Commerce terus bermunculan dengan pesatnya. Hal tersebut bisa disadari dengan maraknya iklan-iklan E-Commerce yang sudah masuk ke dalam iklan televisi, di papan iklan, dan di semua media iklan lainnya. Kendati demikian, rupanya pelaku bisnis E-Commerce tidak mengesampingkan media sosial sebagai media promosi dan pengembangan branding mereka. Dengan alasan, media sosial bisa menjadi pasar yang besar untuk orang-orang yang aktif di media sosial. Oleh karena itu,di media sosial para E-Commerce tak kalah gencar menawarkan promo-promo menarik yang memancing pengguna untuk mengunjungi dan membeli produk yang mereka tawarkan.

Dari sekian E-Commerce yang ada di Indonesia,rupanya, masing-masing diantara mereka memiliki strategi yang berbeda-beda terkait mengembangkan brand di media sosial. Khususnya di instagram, setiap E-Commerce memiliki strategi yang cukup prinsipal untuk mengembangkan brand mereka masing-masing. Untuk mengetahui strategi yang mereka terapkan,kita bisa mengenalinya dari 3 E-Commercer B2C ( Business to Customer ) ternama di Indonesia, diantaranya:

LAZADA

Instagram Lazada

Instagram Lazada

Kita tahu, LAZADA menggarap semua sektor penjualan di website mereka. Saat ini, Lazada memiliki follower sebanyak 359 ribu follower. Jumlah ini cukup besar dibanding akun instagram E-Commerce lainnya. Pada bagian deskripsi, mereka mencantumkan akun resmi media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Hal ini dimaksudkan agar orang-orang bisa dengan mudah mengikuti akun resmi lainnya di media sosial.

Selain itu, mereka mencantumkan jargon E-Commerce mereka yaitu Gratis ongkir,+COD + 100% Asli= Belanja Itu Gak Ribet. Dalam hal ini, harapannya hal tersebut mampu meningkatkan kepercayaan konsumen di kala kejenuhan konsumen terhadap penipuan dalam transaksi jual beli online. Dan di akhir kalimat, mereka pun mencantumkan short url yang akan mengarah langsung ke halaman promo website mereka.

Dari segi struktur konten, Lazada memilih untuk membuat konten yang friendly untuk pengguna dengan tidak memberikan konten yang bermuatan promosi atau jualan. Terlebih, kunci andalan dari strategi yang dipilih lazada adalah dengan membuat kuis give away. Konten dengan bermuatan kuis dipercaya bisa meningkatkan interaksi pengguna dengan brand karena ketertarikan orang untuk mengikuti kuis tersebut. Salah satu keberhasilan kuis yang dibuat adalah seperti di bawah ini :

Kuis lazada

Kuis lazada

Bisa kita lihat, postingan tersebut mendapatkan hampir 1300 like dan 1500 comment. Yang mana diantaranya adalah orang yang tertarik untuk mengikuti kuis give away tersebut. Menariknya, salah satu syarat yang sering dilakukan oleh pembuat kuis adalah keharusannya untuk mem-follow akun mereka. Dengan demikian, akun tersebut akan mendapatkan rich engagement dari kuis tersebut. Walaupun, pada dasarnya mereka mengikuti akun tersebut karena ingin memenangi kuis. Namun, orang akan mengingat brand tersebut terus menerus hingga akhirnya orang tertarik dengan brand itu sendiri.

Selain itu, strategi menarik lainnya adalah konsistensi jadwal kuis yang diselenggarakan. Dalam postingannya, mereka membuat hashtag #RabuMain sebagai jadwal mingguan mereka untuk memberikan kuis. Hal tersebut sangat penting dilakukan agar orang-orang selalu memperhatikan akun tersebut untuk bisa mengikuti kuis kembali. Efek terbaiknya adalah mereka bisa memanfaatkan jadwal rutin tersebut untuk sesekali memberikan penawaran atau promo yang menarik. Alhasil, postingan mereka akan selalu dilihat dan dibaca oleh pengguna yang setia mengikuti akun mereka setiap harinya.

BLANJA.COM

Instagram Blanja

Instagram Blanja

E-commerce yang didirikan pada tahun 2012 memiliki follower sekitar 54,8 ribu. Mereka menggunakan logo mereka sebagai foto profil utama. Dalam deskripsinya, mereka menyematkan jargon mereka Jelajahi lebih dari 500 juta produk pilihan. Lalu, mereka memberikan hashtag brand mereka, yaitu #BLANJATanpaBatas. Hashtag tersebut saat ini memiliki sekitar 1042 posting. Selain itu, mereka memilih untuk mencantumkan nomor telepon dan E-Mail dibandingkan akun media sosial. Dan diakhir deskripsi, mereka pun menyematkan link promo mereka.

Konten blanja.com

Konten blanja.com

Dari strategi content, Blanja.com sering memposting foto yang berkaitan dengan produk yang dijual dan hanya memberikan link url eksternal di Instagram.Karena terkesan seperti melakukan penjualan langsung maka, dari beberapa postingan yang kami pantau, sangat sedikit interaksi yang terjadi di setiap postingannya. Adapun diantara postingan lainnya, salah satu posting yang mendapatkan interaksi terbanyak adalah berasal dari konten kuis give away yang selalu di incar oleh pengguna Instagram. Namun, untuk konten dengan tipe kuis, Blanja.com memilih untuk memuat kuis di hari-hari tertentu atau bersifat game setiap minggunya.

Kuis Blanja.com

Kuis Blanja.com

BLIBLI

Instagram Blibli.com

Instagram Blibli.com

Lain hal dengan BliBli, E-commerce yang memiliki 113 ribu follower ini memilih untuk membuat konten dengan konsep yang sederhana. Dalam foto profil, mereka memasang logo utama dari BliBli. Selain itu, kesederhanaan konten juga terlihat dari deskripsinya di Instagram. Mereka hanya menyematkan jargon, BIG CHOICES BIG DEALS dan juga link promo mereka.

Dari segi strategi konten, umumnya mereka memposting foto yang terkait dengan produk yang disediakan. Jika dipantau, konten seperti itu justru kurang mendapatkan interaksi baik itu talk maupun like. Dengan demikian, di beberapa minggu terakhir mereka hanya memposting foto acara yang sedang berjalan dengan model split photo grid. Namun, keberadaan kuis tetap di jalankan dengan hadiah voucher atau barang yang d hadiahkan.

Kuis Blibli.com

Kuis Blibli.com

Kelebihan kuis yang mereka lakukan adalah syarat kuis yang sangat unik. Dengan demikian, tingkat interaksi dan engagement mereka akan naik secara signifikan dari konten berbentuk kuis tersebut. Namun, bagi para pencari kuis, hal tersebut bukanlah syarat yang berat, seperti :

Ketentuan yang diterapkan adalah wajibnya pengguna untuk mengajak 2 orang untuk follow akun instagram BliBli dan memberikan like di 5 postingan terakhir. Walaupun syarat yang diterapkan cukup banyak, namun, interaksi yang diharapkan pun terwujud. Hasilnya, postingan tersebut mendapatkan top like dengan jumlah like 1.197 dan 462 komentar.Belum lagi penambahan engagement kepada akun tersebut, di mana akan menjadi sebuah peluang besar untuk mengembangkan brand mereka.

Dari 3 contoh E-commerce diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa strategi marketing yang mereka terapkan bertujuan untuk mengembangkan brand melalui media sosial Instagram. Dari sini kita bisa memanfaatkan trik mereka untuk meningkatkan interaksi bisnis Anda dan menarik orang yang tertarik dengan kategori bisnis Anda. Oleh karena itu, dalam penilaian kami, ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan di akun bisnis Anda, diantaranya :

MEMBUAT KUIS/GAMES SECARA RUTIN

games instagram lazada

games instagram lazada

Kuis atau games sudah menjadi strategi ampuh untuk meningkatkan interaksi, mengembangkan brand dan meningkatkan engagement. Kuis ataupun games yang berjalan rutin setiap minggunya jauh akan lebih menarik minat orang untuk mengikuti aktivitas di akun kita. Anda bisa menerapkan games secara rutin tersebut dengan membuat hashtag unik. Hal itu perlu dilakukan agar orang-orang dimudahkan apabila ingin memantau aktivitas di akun Instagram Anda. Terkait teknisnya, memang perlu ada sesuatu yang dikeluarkan sebagai hadiah. Namun, Anda bisa memberikan hadiah yang sederhana saja untuk dijadikan hadiah dari sebuah kuis.

SERTAKAN FOLLOW, LIKE DAN TAG DI SETIAP KUIS / GAMES

Strategi ini dinilai sangat ampuh untuk meningkatkan engagement dan impression di akun instagram Anda. Anda bisa menyertakan syarat wajib untuk mengikuti akun Anda ketika mereka ingin mengikuti kuis yang Anda buat. Perlu diketahui, fungsi games/kuis dalam setiap akun bertujuan untuk meningkatkan interaksi, bukan sekedar membagikan hadiah saja. Oleh karena itu, games yang Anda buat harus diikuti oleh pengguna media sosial sebanyak –banyaknya. Manfaatnya, ketika follow, like dan tag tersebut diterapkan, maka Anda akan mendapatkan gelombang interaksi yang cukup pesat, seperti contoh di bawah ini :

Ilustrasi Engagement & Impression

Ilustrasi Engagement & Impression

Dari ilustrasi diatas, ketika games/kuis tersebut diikuti oleh banyak orang, maka hal ini memungkinkan orang-orang lainnya untuk turut mengikuti games tersebut. Untuk menerapkan ilustrasi diatas, disarankan menggunakan games yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan atau membuat kuis yang memang memiliki hadiah yang cukup besar. Intinya, semakin besar yang mengikuti games yang Anda buat, maka semakin besar follower organik yang akan didapat, dan semakin besar pula jumlah engagement yang akan diperoleh.

BUATLAH GAMES/KUIS YANG SESUAI DENGAN BRAND ANDA

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam setiap games adalah tujuan untuk mengembangkan brand Anda. Artinya, tidak semua games atau kuis bisa diterapkan di dalam brand Anda. Hal tersebut dimaksud agar orang yang mengikuti Anda adalah orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan brand yang Anda miliki. Misalnya, jika brand Anda adalah produk-produk teknologi, maka Anda bisa membuat kuis yang berkaitan dengan dunia produk-produk teknologi.

Dengan demikian, ketika orang tahu bahwa brand Anda memiliki ketertarikan yang sama, maka orang-orang pun akan dengan senang hati mengikuti akun Anda.Setelah itu, Anda bisa memasukkan konten-konten lainnya yang sesuai dengan Brand Anda. Pada akhirnya, pengikut Anda akan sangat nyaman melihat konten Anda dan jika hal tersebut berlangsung terus menerus, maka tidak bisa dipungkiri sewaktu-waktu orang akan membeli produk Anda.

KESIMPULAN

Dengan demikian, media sosial memang menjadi daya pikat dalam pemasaran digital. Kehadiran konten memang menentukan perkembangan brand dan juga mempengaruhi peningkatan penjualan. Namun, tidak semua strategi marketing di dunia nyata bisa diterapkan langsung di media sosial. Orang akan jenuh jika mendapati beranda mereka dipenuhi hanya dengan iklan. Oleh karena itu, kuis atau games bisa dijadikan sebagai senjata rahasia untuk mengembangkan brand, walaupun untuk sementara efeknya hanya sekedar meningkatkan interaksi semata di social media. Akan tetapi, interaksi yang berjalan setiap harinya akan meningkatkan ketertarikan orang terhadap brand yang Anda miliki.

 

About the author

ilham-saputra
Ilham Saputra
SEO & Social Media Content at

Hello, I am very enthusiastic about the world of SEO and digital marketing, I am happy to write something with good SEO rule. Have a hobby copy writing and love to interact with people.