Big Data adalah sebuah inovasi teknologi dalam dunia teknologi informasi yang memungkinkan melakukan proses pengolahan, menyimpan data dan menganalisa data dengan berbagai bentuk format, jumlah penyimpanan data yang besar, pertambahan data yang sangat cepat dan pengolahan dan analisis data dengan jumlah data yang sangat besar dan kurun waktu yang relatif singkat.

Awal mula munculnya di Dunia teknologi informasi bermula pada awal tahun 2000-an. Pada saat itu seorang analis industri, Doug Laney, memberikan pemaparan mengenai konsep Big Data yang terdiri dari tiga bagian penting, diantaranya:

E-mail, video, audio, transaksi keuangan dan lain-lain.

Penggunaan Big Data saat ini di dominasi oleh pelaku bisnis. Pelaku bisnis sangat membutuhkan teknologi tersebut untuk meningkatkan strategi pemasaran, pengembangan informasi dan wawasan bisnis. Karena, jumlah data yang bermunculan setiap harinya sangat berpotensi untuk menjadi sebuah informasi berharga tanpa terbatas jangkauan wilayah dan waktu. Seperti monitoring perilaku konsumen terhadap sebuah produk, mencari tahu ketertarikan konsumen terhadap sebuah produk, monitoring strategi pemasaran kompetitor lain serta informasi berharga lainnya. Sehingga saat ini pelaku bisnis sudah sangat membutuhkan teknologi terse but. Namun, manfaat Big Data secara global mencakup kebutuhan semua orang mulai tokoh masyarakat, organisasi, institusi negara, dan pemerintahan suatu negara.

Potensi Di Masa Depan

Big Data saat ini telah menjadi “Monster  Data“ di mana setiap harinya data tersebut semakin bertambah hingga tak terbayangkan jumlahnya. Data tersebut akan terus berkembang dalam kurun waktu yang tidak dapat ditentukan. Akhirnya, teknologi ini akan menjadi sumber data yang suatu saat dapat diambil informasinya oleh masyarakat global. Entah itu untuk kepentingan pribadi atau untuk mengejar keuntungan bisnis. Oleh karena itu, Big Data memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pusat data yang tersebar di seluruh dunia. Bagi pelaku bisnis, Big Data bisa menjadi strategi baru untuk mengembangkan pemasaran, peningkatan kualitas dan kebutuhan produk dan pengembangan citra perusahaan di mata konsumen.

Impementasi Big Data Bagi Perusahaan UKM

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia IT membuat perusahaan UKM mulai menggunakan software IT dan produk internet lainnya. Bahkan, kini pemasaran produk bisa dilakukan di internet dengan membuat marketplace atau promosi di social media. Dalam hal ini, peranan big data bagi penunjang perusahaan sangat mungkin dilakukan. Contoh nyata yang bisa di implementasikan adalah pengolahan data perusahaan.

Pada dasarnya, saat ini semua data yang digunakan oleh perusahaan disimpan dalam sebuah software dan perangkat digital seperti data pegawai,penjualan,konsumen,dan pencatatan keuangan. Di tambah, proses data yang masuk akan sangat banyak setiap harinya. Sehingga di setiap akhir bulan, perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengolah data-data tersebut. Proses inilah yang menyebabkan perusahaan kesulitan untuk menganalisa data-data tersebut. misalnya, menganalisa sikap loyal konsumen terhadap sebuah produk. Apa yang menyebabkan konsumen bisa loyal dengan sebuah produk atau tidak. Dengan penggunaan big data, hal tersebut mampu direkam dengan baik dan disajikan dalam bentuk analisa yang tepat. Sehingga, peranannya akan berguna terhadap pengembangan produk di masa depan.

Selain mengelola data internal perusahaan, big data sangat berguna untuk menunjang kegiatan promosi dan peningkatan brand perusahaan di internet khususnya di social media. Saat ini, social media kerap aktif digunakan sebagai media penyampaian opini terhadap sebuah tokoh,instansi dan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan tidak bisa mengetahui berapa banyak orang yang menyampaikan opini terhadap sebuah produk di social media. Hal ini akan menyulitkan perusahaan untuk mengembangkan produk yang diharapkan oleh konsumen. Dengan demikian, peranan Big data sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut.

Implementasi nyata yang bisa dilakukan adalah menganalisa perilaku pengguna social media terhadap opini sebuah produk. Big data akan merekam semua data-data yang berada di internet seperti blog/website,social media,forum dan lainnya. Big data akan memonitor dan menganalisa data tersebut apakah orang-orang puas atau tidak terhadap produk kita. Hal ini akan sangat berguna bagi UKM, yang mana produk-produk tersebut membutuhkan penilaian secara langsung dari konsumen.

Bukan hanya berguna untuk pengembangan produk, big data mampu memberikan analisis data kompetitor di social media seperti efektivitas promosi, opini pengguna terhadap kompetitor serta memonitor aktivitas kompetitor di social media. Hal tersebut akan sangat membantu UKM untuk mengembangkan strtategi pemasaran di social media.

Di balik itu semua, peranan big data akan lebih berguna jika di gunakan untuk perusahaan UKM. Kendati demikian, teknologi big data awalnya dikembangkan dan di manfaatkan secara khusus untuk perusahaan besar. Sehingga, biaya yang harus dikeluarkan sangat mahal. Namun, saat ini teknologi big data banyak di sediakan oleh penyedia layanan big data dalam bentuk fitur khusus. Sehingga, biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dengan efektivitas data yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan.

About the author

ilham-saputra
Ilham Saputra
SEO & Social Media Content at

Hello, I am very enthusiastic about the world of SEO and digital marketing, I am happy to write something with good SEO rule. Have a hobby copy writing and love to interact with people.